Senin, 10 September 2018, 10:35

Kakanwil Provinsi Bangka Belitung Lantik Agen Perubahan

bkgi-Pangkalpinang, Selasa (04/09) Sebagai upaya pelaksanan evaluasi Reformasi Birokrasi oleh tim Menpan RB terhadap pelaksanaan Reformasi Birokrasi Kementerian dan lembaga, Biro Ortala Kementerian Agama Republik Indonesia selenggarakan kegiatan Sosialisasi Keortalaan tahun 2018 di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bertempat di Auditorium H. Mas'ud Hasan Qolay dari tanggal 4 s.d. 7 September 2018. Pelaksanaan kegiatan ini merupakan upaya untuk mendorong seluruh satker di Kementerian Agama dalam meningkatkan tata kelola pemerintahannya.

H. Jamaludin, M.H. Kasubbag Ortapeg Kepulauan Babel dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini selain terkait dengan pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama juga dilakukan pengukuhan atau pelantikan agen perubahan yang sudah dipilih oleh pegawai melalui aplikasi sebagai agen perubahan yang bertugas sebagai penggerak dan motivator kepada seluruh pegawai dalam melaksanakan tugas dengan baik dan berintegritas. beberapa waktu yang lalu telah dilaksanakan kegiatan asistensi Reformasi Birokrasi dan sekaligus pemilihan agen perubahan yang pada awalnya telah dicalonkan sebagai agen perubahan sebanyak 13 nama dan sesuai dengan poling terpilihlah agen perubahan dan Provinsi Babel, yang merupakan provinsi yang menyelenggarakan pemilihan agen perubahan dengan cara aplikasi sebanyak tujuh orang pegawai sebagai agen perubahan.

Kakanwil dalam arahannya menyampaikan bahwa dalam rangka mendorong pelaksanaan delapan area perubahan, kita sudah melakukan dan bagaimana mengimplementasikan reformasi birokrasi bisa lebih meningkat lagi. Terkait dengan pengembangan kebijakan organisasi harus kita sadari sebagai aparatur Kementerian Agama harus bisa melaksanakan dan memahami tupoksi Kementerian Agama sehingga kita bisa terus mengembangkan pelayanan dalam meningkatkan kualitas pelayanan keagamaan dan pelayanan pendidikan dengan sebaik baiknya.

Mari secara terus menerus kita melaksanakan delapan area perubahan sehingga nilai Reformasi Birokrasi (RB) kita semakin meningkat dan tentunya dalam bekerja kita sebagai aparatur Kementerian Agama harus mengedepankan pelayanan sebagaimana motto kita iklas beramal dengan memberikan pelayanan yang terbaik sebagai pengabdian kita kepada masyarakat.

Lebih lanjut Kakanwil menyampaikan bahwa pegawai yang sudah ditetapkan sebagai agen perubahan merupakan pegawai yang terbaik, harus menjadi contoh atau teladan dan harus bisa menggerakkan serta melakukan program terkait dengan delapan area perubahan. Agen perubahan sebagaimana disampaikan oleh Bapak Sekjen beberapa waktu yang lalu adalah dalam rangka membangun komitmen dalam tiga hal:

  1. Membangun komitmen kebersamaan. agen perubahan harus bisa memberikan teladan dalam kebersamaan.
  2. Membangun komitmen untuk mencapai keberhasilan, yaitu dengan pelayanan yang optimal, sehingga menghasilkan pelayanan yang optimal, menghasilkan kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan.
  3. Membangun komitmen untuk menjadi yang terbaik.

Delapan area perubahan yang menjadi fokus perubahan antara lain adalah manajemen perubahan, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, penataan dan penguatan organisasi, penataan SDM, penataan peraturan perundang undangan, penataan tatalaksana, peningkatan kualitas pelayanan publik.

Dalam rangka mendorong delapan area perubahan Kakanwil melantik sebanyak tujuh orang pegawai yang dilantik sebagai agen perubahan yaitu:

  1. Jamaludin, M.H.
  2. H. Rebuan, M.Pd.I.
  3. Mirdhan Hafiludin, M.H.
  4. Pril Marori, M.M.
  5. Novira, S.E., Ak.
  6. Ridwan Yuniarto, S.H.
  7. Ihsan Syarief, M.H.

Ibu Tika mewakili Kepala Biro Ortala Kemenag RI menyampaikan bahwa kita akan terus mengawal pelaksanaan reformasi birokrasi di kementerian agama, melalui sosialisasi keortalaan ini merupakan salah satu implementasi pelaksanaan reformasi birokrasi dan tentunya juga dalam ranhka pengelolaan sumber daya manusia untuk menjadikan organisasi kemenag menjadi lebih baik, sebagai sarana koordinasi dan konsultasi dalam tugas keortalaan tarutama dalam melakukan evaluasi keortalaan. (TAN/AI/SN)

Berita Lainnya
Senin, 10 September 2018, 10:33

Kinerja Program Zona Integritas Kemenag Bantul Memuaskan

Senin, 9 Oktober 2017, 10:05

Biro Ortala Lakukan Asistensi Implementasi Reformasi Birokrasi

Senin, 9 Oktober 2017, 09:46

Kabag TU Menekankan ASN Kemenag Sudah Waktunya Melakukan Perubahan

Jumat, 25 Agustus 2017, 11:32

Kemenag Kukuhkan 11 Agen Perubahan

Jumat, 25 Agustus 2017, 11:31

Ini Prioritas Aksi Program Reformasi Birokrasi Kemenag