Kamis, 4 Oktober 2018, 09:45

Kemenpan Nilai Reformasi Birokrasi Kemenag DIY Sangat Baik

Penilaian yang dilakukan Kemenpan RB menunjukkan hasil RB Kemenag DIY berwarna hijau 'berbinar'.

Jakarta (Kemenag) --- Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY meraih penilaian sangat baik dari hasil observasi yang dilakukan tim evaluator Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Hal ini terungkap dalam hasil pertemuan tahap akhir (exit meeting) evaluasi Reformasi Birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2018 di Ruang Operation Room Lantai II, Kementerian Agama RI, Jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta, Senin (01/10).

Kakanwil Kemenag DIY Muhammad Lutfi Hamid menyampaikan, dari semua sample yang dinilai Kemenpan RB, hanya Kemenag DIY yang memperoleh nilai memuaskan. Semua sample masih terlihat ikon berpeluh, jauh dari harapan, kecuali Kemenag DIY dan Balai Diklat Bandung. Tapi yang mendapat ikon berbinar hanya DIY, ini kata Sekretaris Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kemenpan-RB, terang Kakanwil Lutfi yang ikut hadir dalam kegiatan exit meeting ini.

Ditambahkan, untuk hasil penilaian RB, Kemenag DIY memperoleh warna hijau yang berarti sangat baik. Menurut Kemenpan RB, hanya DIY yang di atas rata-rata, ungkap Lutfi lagi. Sementara nilai SAKIP Kemenag DIY meraih warna biru yang berarti baik. Terima kasih untuk semua kerja keras terutama tim RB yang membuat Kemenag DIY tidak bisa diremehkan di tingkat nasional, pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat membuka exit meeting menandaskan, kehadiran tim evaluator Kemenpan RB di Kemenag sejak Agustus 2018 tidak hanya sekadar membantu reformasi birokrasi melainkan sekaligus membangun Kemenag. Kegiatan evaluasi ini juga akan membimbing aparatur Kemenag dalam melakukan perbaikan apa saja yang masih harus terus dilakukan dalam memperbaiki tata kelola birokrasi, tegasnya.

"Kemenpan RB hadir di tengah kita agar Kemenag terus meningkatkan kinerja secara kelembagaan, semakin kokoh, kuat sehingga kapasitas dan kemampuan yang dimiliki betul-betul semakin dirasakan manfaatnya bagi masyarakat luas yang dilayani," jelas Menag. Selain Menag Lukman dan Kakanwil Lutfi, hadir dalam kesempatan ini Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kemenpan-RB, Muhammad Yusuf Ateh dan tim evaluator Kemenpan RB. Juga tampak hadir Irjen Kemenag yang juga Plt Sekjen M. Nur Kholis Setiawan, Kepala Kanwil Kemenag Jabar, serta para staf ahli dan khusus Kemenag pusat.

Evaluasi yang dilakukan Kemenpan RB ini memang bertujuan untuk mendorong pelaksanan manajemen kinerja dan RB. Ada dua fokus utama yang ditempuh Kemenpan RB. Pertama menilai kemajuan pelaksanaan manajemen kinerja dan pelaksanaan RB serta pembangunan unit kerja pelayanan percontohan. Sementara yang kedua, memberikan saran perbaikan percepatan ketiga hal tersebut. Sukses selalu Kemenag DIY!

Berita Lainnya
Senin, 10 September 2018, 10:35

Kakanwil Provinsi Bangka Belitung Lantik Agen Perubahan

Senin, 10 September 2018, 10:33

Kinerja Program Zona Integritas Kemenag Bantul Memuaskan

Senin, 9 Oktober 2017, 10:37

Inilah Agenda Akselerasi RB di Kemenag

Senin, 9 Oktober 2017, 10:05

Biro Ortala Lakukan Asistensi Implementasi Reformasi Birokrasi

Senin, 9 Oktober 2017, 09:46

Kabag TU Menekankan ASN Kemenag Sudah Waktunya Melakukan Perubahan